11 Jun 2017

Contoh Berita Acara Kegiatan atau Rapat yang Baik dan Benar

Contoh Berita Acara - Berita Acara Kegiatan atau Rapat merupakan dokumen penting dari sebuah acara atau kegiatan yang sudah berjalan, berisi tentang detail acara serta penandatanganan ketua atau pihak lain yang tentu saja sifatnya formal, hampir mirip sama seperti notulen rapat, tapi berbeda karena berita acara kegiatan ata rapat ini lebih akurat dan lengkap.

Bagi anda yang sering melaksanakan kegiatan sebuah acara dan menjadi panitia entah itu dalam organisasi, sekolah, kantor, rapat perusahaan, osis dan lain lain pasti harus bisa membuat yang namanya Berita Acara Kegiatan atau Rapat ini untuk membuat acara yang berjalan tersusun dengan laporan dokumen rapi yang nantinya digunakan untuk bahan penilaian dan evaluasi mengenai proses dan hasil dari sebuah acara tersebut.

Lihat Juga : Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Resmi


Contoh Berita Acara Kegiatan atau Rapat yang Baik dan Benar


Pada kesempatan kali ini, saya sebagai admin suratkerjaterbaru.com spesial akan memberikan tips bagaimana Cara Membuat Surat Berita Acara Kegiatan atau Rapat Desa atau Pelatihan yang Baik dan Benar? simak informasi lebih lanjut seperti dibawah ini ya sob!.

Contoh Format Berita Acara Kegiatan atau Rapat yang Baik dan Benar


Beberapa hal yang harus ada dalam dokumen tersebut adalah Kop surat. bagian ini berada paling atas dimana WAJIB dituliskan, kop ada Berita Acara Kegiatan atau Rapat ini sama persis baik dari segi fungsi maupun penulisan dengan kop surat pada umumnya, yang berisi mengenai informasi nama instalasi, alat instalasi, nomor telephone atau contact, fax, email dan informasi lain mengenai instansi tersebut.

Setelah di bagian pertama ada kop surat, bagian kedua ada yang namaya Isi Berita Acara Kegiatan atau Rapat, dimana Isi ini terbagi beberapa bagian seperti pembukaan, dimana pembukaan ini adalah pokok mengenai tentang kegiatan apa yang dilaksanakan, dan diikuti dengan topik tanggal, waktu, tempat.

Setelah pembukaan, bagia berikutnya dari Isi Surat Berita Acara Kegiatan Rapat adalah bagian materi atau topik atau inti mengenai apa sih yang dibahas pada acara kegiatan? nah ini lah tugas seorang sekretaris, harus dapat mencatat berbagai macam pembicaraan yang ada selama acara dan harus runtut.

Bagian terakhir dari isi dokumen, pada bagian ini nantinya ada keterangan mengenai pihak yang bersangkutan seperti pimpinan rapat, sekretaris, notulis, narasumber dan lain lain.
Setelah itu, diiringi penutupan, sebuah kata kata penutup. biasanya dalam penutup ini dituliskan dalam daftar dimana berisi mengenai hasil rapat.

Setelah penutup, lalu ada kolom penandatangannan yang digunakan sebagai bukti bahwa acara tersebut dilaksanakan oleh pihak yang bersangkutan sehingga bersifat resmi dan hukum.

Satu hal yang pasti, dalam membuat Contoh Surat Berita Acara Kegiatan atau Rapat harus menggunakan bahasa yang rapi dan sesuai EYD dalam bahasa indonesia yang baik dan benar.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner