Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Sekolah (SD, SMP, SMA/K)

Banyak siswa yang belum paham betul bagaimana cara membuat surat izin sekolah sendiri baik itu untuk alasan karena sakit, pergi maupun ada kepentingan keluarga. untuk setiap surat izin sakit sendiri sama baik untuk SD, SMP maupun SMA dan SMK bahkan untuk anak kuliah juga. memang sakit seringkali menjadi kendala bagi setiap orang, untuk anak sekolah tentu saja terpaksa tidak bisa masuk dan mengikuti pelajaran, untuk para pekerja juga ini lebih rumit lagi karena tidak dapat menjalankan tugas bekerjanya.

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Sekolah (SD, SMP, SMA/K)

Baca Juga : Contoh Surat Keterangan Ahli Waris

Suratkerjaterbaru.com akan memberikan contoh surat izin sakit tulisan tangan untuk tidak masuk ke sekolah tentunya surat ini nantinya bisa anda tulis sebagai surat buatan sendiri, karena memang sangat mudah kok dalam penulisannya, hanya saja kadang membuat surat masih ragu seperti penulisan tanda baca dan sebagainya. mengenai isi, relatif sama.

Untuk menulis surat izin sakit tentu harus menggunakan tulisan tangan di atas kertas ya, karena memang pada umumnya surat izin ya diharuskan tulisan tangan.

Sebelum itu, pastikan anda membaca beberapa etika dalam penulisan surat izin tidak masuk sekolah karena sekit berikut ini:

  • Bahasa

Apapun itu, surat yang ditujukan untuk lembaga seperti sekolah, kantor perusahaan dan sebagainya haruslah surat yang bersifat resmi. maka dari itu bahasa yang dipakai haruslah bahasa yang sesuai bahasa indonesia seperti baku dan efektif dan hindari kata kata gaul dan gunakanlah bahasa formal di setiap kalimat dalam surat.

  • Tanda Baca

Ini yang paling sering orang kesulitan mengenai membuat surat izin sakit, masalah tanda baca memang menjadi yang utama, karena tanda baca memang kadang membingungkan dan meskipun terdapat kesalahan kecil, tetap saja hal itu akan salah, inilah yang mengakibatkan banyak orang menjadi tidak bisa menulis surat lamaran kerja sendiri. perhatikan tanda baca dengan teliti seperti koma, titik di bagian akhir kalimat dan sebagainya.

  • Rapi

Surat harus rapi, bukan dari tulisannya saja, melainkan rapi dari kertas yang digunakan, amplop yang digunakan karena nantinya surat tersebut akan ditujukan untuk bapak/ibu guru kalian, tentu saja kerapihan haruslah terjaga.

Setelah mengetahui beberapa etika penulisan diatas, anda juga harus paham beberapa penulisan
seperti berikut, diantara lain:

  1. Tempat dan Tanggal, merupakan waktu surat dibuat.
  2. Tujuan, ditulis dengan kata "Kepada", jika sudah memakai kata ini, maka dilarang menuliskan Yth, dan sebaliknya juga.
  3. Terdapat kata "Dengan Hormat"
  4. Pembuka, merupakan bahasa pembuka dalam surat, harus singkat dan padat namun jelas.
  5. Isi Surat, menerangkan siapa yang izin, kapan, dan alasan.
  6. Penutup, berisi permohonan maaf dan terima kasih.
  7. Tanda tangan wali murid atau pembuat surat.

Oke untuk lebih jelasnya, langsung saja anda simak contoh surat ijin sakit tidak masuk sekolah dibawah ini.
                                                 
                                                                                            Purbalingga, 31 Februari 2017
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X1 Akuntansi 1
SMK N 1 Purbalingga

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama   : Sumanto
Siswa   : Kelas X1 Akuntansi 1
Alamat : Jl. Kenangan 28, Desa Lupakan, Kec Move On Kabupaten WKWK

Memberitahukan bahwa anak saya, Sumanto. Tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran seperti biasanya pada hari ini, Minggu, 31 Februari 2017 dikarenakan sakit. Oleh karena itu kami berharap agar Bapak/ Ibu Guru dapat memberikan izin.
Demikian pemberitahuan yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu Guru kamu ucapkan Terima Kasih.


Hormat kami,
Orang tua/Wali murid


Al Katiri

Mudah sekali bukan? Contoh surat izin sakit tidak masuk sekolah karena sakit diatas kini dapat anda
buat sendiri menggunakan tulisan tangan.